VISI, MISI, TUJUAN

 Visi

Menjadi unggul dan kompetitif dalam pengembangan studi pendidikan agama Islam pada 2029.

 Misi

  1. Mengembangkan potensi mahasiswa menjadi ahli Pendidikan Islam dan/atau praktisi Pendidikan Agama Islam yang profesional.
  2. Mengembangkan teori, konsep dan model pendidikan Islam yang transformatif untuk pengembangan pendidikan agama Islam.
  3. Memberdayakan masyarakat dalam bidang pendidikan keislaman melalui pelatihan, bimbingan, konsultasi, penyuluhan, pendampingan/advokasi.

Tujuan

Menghasilkan lulusan yang kompeten sebagai guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) Tingkat SLTP dan SLTA yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional (keilmuan), kepribadian, sosial, jiwa enterprener dan kepemimpinan kependidikan, dan berakhlak mulia.

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu meneliti bidang PAI dan atau ISMUBA berkualifikasi fundamental.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menjadi penulis buku ajar bidang PAI dan atau ISMUBAyang menarik pada Tingat SLTP dan SLTA.
  3. Menghasilkan lulusan yang cakap bekerja dengan sikap ilmiah yang mampu mengintegrasikan khasanah Islam yang normatif dan historis, sains dan nilai-nilai Islam, teori dan praktik,
  4. Memperkuat kelembagaan dan penyelenggaraan tata kelola yang baik, transparan, akuntabel, dan berkelanjutan.

Profil

Deskripsi Umum

  1.  Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2.  Berkepribadian baik dalam melaksanakan tugas kependidikan dan keguruan.
  3.  Berperan sebagai warga negara yang baik dalam pengembangan masyarakat dan lingkungan yang damai, saling menghargai, dan saling bekerja sama.
  4.  Mau menjadikan kegiatan kependidikan dan keguruan sebagai bagian dari dakwah dan transformasi sosial-budaya keislaman.

Profil Lulusan

  1. Menjadi pendidik Pendidikan Agama Islam (PAI) dan atau Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA) Tingkat SLTP dan SLTA
  2. Menjadi peneliti PAI dan atau ISMUBA berkualifikasi fundamental
  3. Menjadi penulis buku ajar PAI dan atau ISMUBA Tingkat SLTP dan SLTA