Kunjungan di The Central Mosque Ho Chi Minh City - Vietnam

Kamis, 25 Mei 2017 - Pimpinan Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta mengunjungi The Central Mosque Ho Chi Minh City  untuk mengetahui pusat-pusat kegiatan dakwah di Vietnam. Masjid yang di kelola oleh komunitas dari India ini berdomisili di Cham.  The Central Mosque Ho Chi Minh City Terletak di 66 Dong Du Street, Dist 1 Ho Chi Minh City, Vietnam. Masjid tua ini dibangun sekitar tahun 1935 oleh dan untuk muslim dari India selatan yang tinggal di HCMC namun kini masjid ini terbuka untuk semua muslim termasuk muslim dari IndonesiaMalaysia dan lainnya.

Masjid ini aslinya bernama Masjid Al-Jami’a Al-Muslimin atau Dong Du Mosque, namun lebih dikenal sebagai The Central Mosque Ho Chi Minh City. Masjid tua yang berdiri megah di pusat kota Ho Chi Minh City di selatan negara Vietnamyang beraliran komunis. Selesai dibangun  tahun 1935 oleh para pedagang dari India yang menjalankan bisnis diwilayah tersebut.
Kini, kawasan disekitar masjid ini kini dipadati oleh gedung gedung tinggi di Jalan Dong Du, salah satunya adalah gedung hotel Sheraton yang berdiri tepat disebelah masjid ini. Mengingat pembangunannya di tahun 1935 itu artinya masjid ini dibangun semasa penjajahan Prancis di Vietnam.

Lokasinya yang berada di pusat bisnis kota HCMC tak mengerankan bila masjid ini menjadi tujuan utama bagi muslim di kawasan tersebut. Tak jauh dari masjid juga berjejer beberapa rumah makan halal yang dikelola oleh muslim dari Turki, Malaysia dan India. Di depan masjid ini bahkan berjejer pedagang yang menjajakan makanan halal. Sementara beberapa restoran halal yang tadi disebut berada di seberang masjid ini termasuk rumah makan yang menawarkan makanan halal khas Vietnam.