ALḤAMDULILLĀH, PRODI IQT TERAKREDITASI PERDANA "B"

Alḥamdulillāh, Perjalanan Program Studi Ilmu al-Quran dan Tafsir (IQT) Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berdiri 2014 melanjut terus menuju perbaikan dan penyempuanaan sebagai sebuah Program Studi. Setelah mengajukan borang akreditasi pada bulan September 2016, Program Studi IQT FAI Universitas Muhammadiyah Surakarta, telah divisitasi oleh asesor BAN-PT pada 4-6 Nopember 2016. Selanjutnya sesuai dengan SK BAN-PT No 0447/SK/BAN-PT/Akred/S/I/2017 tanggal 26 Januari 2017, Prodi IQT FAI UMS telah resmi mendapatkan Akreditasi Perdana dengan peringkat B.

Dengan diperolehnya status akreditasi dari BANPT ini, Prodi berhak untuk memberikan Ijazah kepada lulusannya, memasuk tahu ke empat sejak berdirinya. Tantangan yang dihadapi oleh Prodi ini adalah masalah sumberdaya insani Dosen, yang dirasa perlu peningkatan baik secara kuantitas maupun kualitas. Di samping itu, mengupayakan kualitas calon lulusannya menjadi prioritas utama agar lulusan perdananya bisa mencapai lulusan dengan kualitas prima, sebagai calon ulama tafsir, peneliti ilmu-ilmu al-Quran dan tafsir, dai dan muballigh yang handal dalam memaparkan dan menyebarkan nilai-nilai al-Quran dan Sunnah, serta pendidik al-Quran, baik tidak dasar, menengah maupun pendidikan tinggi. 
Yang tidak kalah pentingnya sebagai lembaga pendidikan tinggi Islam, adalah produktivitas baik berupa penelitian ilmu-ilmu al-Quran dan Tafsir dengan pendekatan multi dan interdisiplin, dan program-program pemberdayaan masyarakat berbasis ilmu al-Quran dan tafsir.