Selasa, 10 Februari 2015

MAGANG I

Magang adalah bagian penting dan merupakan prakondisi dari sistem penyiapan guru profesional. Magang I Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta di laksanakan pada Tanggal 26 Januari sampai dengan  07 Februari 2015 yang di ikuti oleh 138 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Dengan Dosen Pembimbing Mahasiswa (DPM): Drs. Bambang Raharjo, M.Ag., Dra. Mahasri Shobahiya. M.Ag., Maria Ulfah, S.Pd.I., Dra. Chusniatun, M.Ag.

Tempat yang digunakan untuk Magang I antara lain : MTS NEGERI 1 SURAKARTA, SMA MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA, SMA MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA, MTS NEGERI 2 SURAKARTA, SMA MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA, SMK HARAPAN KARTASURA, SMK MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO, SMK MUHAMMADIYAH 1 SURAKARTA, SMK MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA, SMK MUHAMMADIYAH 3 SURAKARTA, SMK MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA, SMK MUHAMMADIYAH DELANGGU, SMK MUHAMMADIYAH KARTASURA, SMK MUHAMMADIYAH SAMBI, SMK NEGERI 1 BANYUDONO, SMK NEGERI 8 SURAKARTA, SMK NEGERI 9 SURAKARTA, SMK PRAWIRA MARTA KARTASURA, SMP MUHAMMADIYAH  1 KARTASURA, SMP MUHAMMADIYAH  1 SURAKARTA, SMP MUHAMMADIYAH  2 SURAKARTA, SMP MUHAMMADIYAH 10 SKA, SMP MUHAMMADIYAH 4 SAMBI, SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA, SMP MUHAMMADIYAH 6 SURAKARTA, SMP MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA, SMP MUHAMMADIYAH 8 SURAKARTA, SMP NEGERI 1 SURAKARTA, SMP NEGERI 1 TERAS, SMP NEGERI 2 BANYUDONO, SMP NEGERI 2 KARTASURA, SMP NEGERI 3 KARTASURA, SMP NEGERI 3 SAWIT BOYOLALI.

Kegiatan magang dilaksanakan secara terstruktur. Magang I merupakan sarana latihan kerja bagi mahasiswa dalam meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan keterampilan dibidang keguruan. Hal tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa, serta upaya untuk membentuk sikap dan keterampilan sebagai calon guru yang profesional. Aktivitas Mahasiswa pada Magang 1 antara lain: pengamatan langsung kultur sekolah, pengamatan untuk membangun kompetensi dasar Pedagogik, Kepribadian, dan Sosial, pengamatan untuk memperkuat pemahaman peserta didik, pengamatan langsung proses pembelajaran di kelas, refleksi hasil pengamatan proses pembelajarn. Tujuan Magang 1 adalah membangun landasan jati diri pendidik dan memantapkan kompetensi akademik kependidikan. Teknik Magang 1 yaitu observasi fisik sekolah dan interaksi warga sekolah, wawancara dengan Kepala/Waka Sekolah, wawancara dengan Guru sekolah, wawancara dengan Siswa sekolah, wawancara dengan Ka Tu/Staf Administrasi sekolah, terlibat dalam kegiatan persekolahan. Adapun ketentuan dan persyaratan Magang 1: SKS minimal 60 SKS, mata kuliah yang sudah ditempuh: Filsafat/Landasan Pendidikan, Perkembangan Peserta didik/Psikologi Pendidikan, Mata Kuliah kependidikan yang ada di semester 1 dan 2, IPK minimal 2,00.